BAB
II
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Microsoft Excel (MS-Excel) merupakan
program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik) canggih yang paling
populer dan paling banyak digunakan saat ini. Excel akan sangat membantu kita
dalam hal menghitung, memproyeksikan, menganalisa dan mampu mempresentasikan
data dalam bentuk tabel dengan berbagai jenis tabel yang disediakannya, mulai
dari bentuk Bar, Grafik, Pie, Line dan banyak lagi.
Excel 2000 merupakan pengembangan dari excel versi sebelumnya yang lebih ditingkatkan fungsinya dan dikonsentrasikan agar spreadsheet ini lebih familiar (mudah dipakai), lebih fleksibel, lebih mudah diintegrasikan dengan program office lainnya dan yang tak kalah penting adalah kemampuan untuk langsung berhubungan dengan internet.
Walaupun demikian, Excel 2000 ini akan selalu dikembangkan oleh pihak Microsoft sehingga akhirnya kita betul-betul dimanja oleh software Microsoft ini.
Excel 2000 merupakan pengembangan dari excel versi sebelumnya yang lebih ditingkatkan fungsinya dan dikonsentrasikan agar spreadsheet ini lebih familiar (mudah dipakai), lebih fleksibel, lebih mudah diintegrasikan dengan program office lainnya dan yang tak kalah penting adalah kemampuan untuk langsung berhubungan dengan internet.
Walaupun demikian, Excel 2000 ini akan selalu dikembangkan oleh pihak Microsoft sehingga akhirnya kita betul-betul dimanja oleh software Microsoft ini.
B.
Rumusan
Masalah
1.
Bagaimana
cara menyalin data?
2.
Bagaiaman
cara menghapus isi cell?
3.
Bagaiamana
cara memindahkan data?
4.
Bagaiamana
cara memformat data?
C.
TUJUAN
1.
Untuk
mengetahui bagaimana cara menyalin data
2.
Utnuk
mengetahui cara menghapus isi cell
3.
Bagaiamana
cara memindahkan data
4.
Bagaiaman
cara memformat lembar kerja
BAB II
PEMBAHASAN
1.
Memodifikasi
Berkas Dengan Program Pengolah Data
A.
Menyalin
Data
Untuk menyalin data dari suatu range/sel ke range/sel lain dapat
digunakan 3 cara, yaitu :
1.
Menggunakan
drag
-
Aktifkan
sel/range yang akan di copy
-
Letakan
mouse pointer di sudut kanan bawah sehingga mouse pointer berubah menjadi tanda
(+), kemudian drag ke lokasi yang di inginkan kemudian lepaskan tombol mouse,
klik kanan lalu Copy
2.
Menggunakan
menu
-
Aktifkan
sel atau range yang akan di Copy
-
Pilih
Ribbon Home
-
Klik
Tab Ribbon Clipboard lalu pilih Copy
-
Pilih
sel tujuan atau tempat hasil Copy kemudian klik Tab Ribbon Clipboard
lalu pilih Paste
3.
Menggunakan
keyboard
-
Aktifkan
sel atau range yang akan di copy
-
Tekan
Ctrl C
-
Kemudian
Ctrl V
B.
Menghapus
isi cell
Menggunakan tombol Del/Delete
-
Blok
sel atau range yang akan di hapus isinya
-
Tekan
tombol Del/Delete
Setelah di
blok lalu tekan del pada keyboard
|
C.
Memindahkan
Data
1.
Pertama
buka lembar kerja yang sudah dibuat
2.
Lalu
blok seluruh data yang ingin di pindahkan
3.
Kemudian
tekan CTRL+C pada keyboard
4.
Lalu
buka Microsoft Word lalu tekan CTRL+V pada keyboard
D.
Memformat
Data
Dalam excel, data dapat kita tampilkan secara horizontal, vertical,
maupun dalam bentuk orientasi. Perintah utnuk menampilkan data tersebut bisa
dilakukan dengan dua cara yaitu melalui Tab Ribbon Merge & Center
dan dari Tab Ribbon Format
Perhatikan tampilan berikut
1.
Menengahkan
judul/ penggabungan kolom melalui Tab Ribbon Merge & Center\
-
Buka
lah file sehingga tampilan seperti gambar di atas
-
Blok
sel DAFTAR LAPORAN PENJUALAN kemudian klik Ribbon Home Merge & Center
Catatan : anda dapat melakukan langkah yang sama untuk penggabungan
baris
2.
Menengahkan
judul/ penggabungan kolom melalui Tab Ribbon Format
1.
blok
sel yang akan digabungkan
2.
kemudian
klik Riboon Home-Cells-Format
3.
lalu
pilih Format Cell, lalu akan tampil kotak dialog berikut
Pilih
format lalu format cell
|
Keterangan
daftar dialog horizontal:
-
general : Data label akan rata kiri sedangkan angka akan dapat rata kanan
pada setiap sel, hal ini merupakan default excel
-
left : Data table dan angka akan
rata kiri pada setiap sel
-
right : Data label dan angka akan rata kanan pada setiap sel
-
center : Data table dan angka akan rata tengah pada setiap sel
-
center
across selection :Data
label dan angka akan rata tengah pada setiap range yang di sorot.
-
full : Data label dan angka akan di cetak ulang selebar sel
-
justify : Data akan rata kiri kanan pada kolom sel
Text Control :
-
Wrap
text untuk
menampilkan teks sesuai dengan lembar kolom
-
Shrink to fit untuk menyesuaikan ukuran text sesuai dengan lebar kolom
-
Marge
Cells untuk
menggabungkan baris & kolom
4.
Kemudian
pilih Center Across Selection pada kotak horizontal
5.
Klik
tombol OK
6.
Lakukan hal yang sama untuk judul kolom Total
3.
Membuat
garis pembatas atau bingkai dari Tab Ribbon Border :
1. Tempatkan pointer pada sel atau blok range yang akan di beri
bingkai
2. Klik Ribbon Home-Font-Border
3. Lalu pilih More Border atau dengan menekan tombol (Ctrl + 1)
di keyboard, maka akan tampil kotak dialog berikut :
4. Pada option Presets,pilih
dan klik salah satu box :
-
None, di gunakan
untuk menghapus seluruh garis pembatasan dan bingkai
-
Outline, di gunakan
untuk membuat bingkai di sekeliling sel atau range
-
Inside, di gunakan untuk menempatkan garis di bagian dalam range
5.
Pada
option Border, pilih dan klik garis pembatas yang di inginkan
6.
Pada
Line style, pilih jenis garis yang di inginkan
7.
Pada tombol drop_downn Color, pilih dan klik
warna garis yang di inginkan
8.
Klik
tombol OK
4.
Membuat
garis pembatas atau bingkai Melalui Tab Ribbon Format
1. Blok sel yang akan di gabungkan
2. Kemudian klik Ribbon Home-Cell Format
3. Lalu pilih Format Cell, lalu akan tampil gambar diatas
4. Klik tab Fill
5.
Pada
option Background Color, pilih warna yang sesuai
6.
Pada
option Patter Color pilih jenis pola yang sesui (di kotak Sample
tampil sesuai dengan patterns yang di pilih)
7.
Klik OK
5.
Membuat
arsiran atau warna dari Tab Ribbon Border:
1.
Blok
sell
2.
Klik
Riboon-Home-Font-Fill Color lalu
pilih warna yang diinginkan
6.
Membuat
arsiran atau warna dari Tab Ribbon Format:
1.
Blok
sell yang akan digabungkan
2.
Kemudian
klik Ribbon Home-Cell-Format atau dengan menekan tombol (Ctrl+1) di keyboard
3.
Lalu
pilih Format Cell, lalu akan tampil gambar seperti berikut
4.
Klik
tab Fill
5.
Pada
option Bagroud Color
Keterangan
:
1 : Font (untuk merubah
tampilan huruf)
2 : Font Size (Untuk
merubah ukuran huruf)
3 : Bold (Untuk mencetak
tebal)
4 : Italic (Untuk cetak
miring)
5 : Underline (untuk member
garis bawah)
6 : Left (Untuk rata kiri)
7 : Center (Untuk rata
tengah)
8 : Right (Untuk rata
kanan)
9 : Merge & Center
(Untuk menggabungkan kolom)
10 : Currency (Untuk memberikan format mata uang)
11 : Percen Style (Untuk memberikan format persen)
12 : Comma Style (Untuk memberikan format koma)
13 : Increase Decimal (Untuk menambah angka di belakang koma)
14 : Decrease Decimal (Untuk mengurangi angka di belakang koma)
15 : Decrease Indent (Untuk memberikan jarak spasi ke kiri)
16 : Increase Inden (Untuk memberikan jarak spasi ke kanan)
17 : Borders (Untuk memberikan bingkai)
18 : Fill Color (Untuk merubah warna pada sel/range)
19 : Font Color (Untukmerubah warna huruf)
20 : Incriase Font Size (Untuk memperbesar huruf)
21 : Decrase Font Size
(Untuk memperkecil huruf)
22 :Top Align ( Untuk membuat text berada di atas)
23 : Midle Align (Untuk membuat text berada di tengah)
24 : Bottom Align (Untuk membuat text berada di bawah)
25 : Oreantation (Untuk mengatur posisi teks)
26 : Wrap Teks (Untuk menampilkan teks sesuai dengan lebar kolom)
27 : Number Format (Untuk memformat angka)
Format
Tampilan Data Angka
Kita dapat merubah tampilan data
angka dengan menggunakan 2 cara yaitu menggunakan menu danToolbar Formatting.
Untuk melatih format angkah ini, kemudian hitung kolom Total dengan rumus: Total=(Jumlah
*Harga Satuan) – (Harga Satuan * Discount)
7.
Format
tampilan angka
Data yang kita
ketik kadang perlu di ubah tampilannya, misalnya dari angka 900000 menjadi
900.000,00. Caramengubah tampilan angka adalah sebagai berikut :
1.
Blok
sel E6:F9
2.
Klik
Ribbon Home –Cells-Format Cells / tekan tombol CTRL 1
3.
Klik
Tab Number
4.
Pada
kotak Category, Klik Number
5.
Pada
kontak Decemal places ketik 2
6.
Klik
Use 1000 Seperator (,) untuk menampilkan koma sebagai pemisah ribuan
7.
Pada
kotak Negative numbers pilih format yang sesuai
8.
Klik
OK
Cara
menampilkan Simbol Rp. Di depan angka misalnya Rp.900.000,00.
-
Blol
sel F6:F9
-
Klik
Ribbon Home-Cells-Format Cells/tekan tombol CTRL1
-
Klik
Tab Number
-
Pada
Categori, klik Accounting
-
Pada
kotak symbol, pilih Rp, Indonesia
-
Klik
OK
Format
penambahan Angkah di belakang koma
Apa bila di inginkan menambah angka
0 di belakang desimal, anda dapat lakukan langkah-langkah di bawah ini :
-
Blok
sel D6:D9
-
Kemudian
klik Tab Ribbon (Increase Desimal) yang ada di Ribbon Home – Number
sebanyak 2x untuk menambah 2 angka 0 sebanyak 2 buah
-
Jika
angka desimal akan di kurangi maka klik Tab Ribbon (Decrease Decimal)
yang ada di aribbon Home -anumber
8.Format tampilan data persen
-
Blok
sel D6:D9
-
Kemudian
klik Tab Ribbon % (Percent Style) yang ada di Ribbon
Home – Number
Terdapat 12 pilihan kategori jenis angka antara lain :
KATEGORI
|
FORMAT
|
General
|
Umum (Contoh:
30)
|
Number Angka
|
(Contoh : 30,11.8)
|
Currencry
Mata Uang
|
(Contoh :
Rp.30.000)
|
Accounting
Akuntansi/Keuangan
|
(Contoh :
Rp.30.000)
|
Date Tanggal
|
(Contoh :
30/11/1983)
|
Time Waktu
|
(Contoh :
11:00:00)
|
Percentage
Persentase
|
(Contoh : 30
%)
|
Fraction
Pecahan
|
(Contoh : ¾, ½
)
|
Scientific
Scientific
|
(Contoh :
3,E+01)
|
Text
|
Teks (Angka
Akan Dianggap Sebagai Teks)
|
Special
|
Format Khusus
|
Custom
|
Format Dengan
Pengaturan Pribadi Dan Manual
|
9. Reposisi Lembar kerja dalam Buku Kerja
Untuk memindahkan lembar kerja dalam buku kerja:
·
Buka workbook yang
berisi lembaran Anda ingin mengatur ulang
·
Klik dan tahan tab worksheet yang akan dipindahkan sampai panah muncul di sudut kiri
lembar
·
Drag worksheet ke lokasi yang diinginkan
Masukkan dan Hapus worksheet
Untuk memasukkan worksheet
- Buka buku kerja
- Klik Insert tombol pada Sel sekelompok Depan tab
- Klik Insert Lembar
Untuk menghapus lembar kerja
- Buka buku kerja
- Klik Hapus tombol pada Sel sekelompok Depan tab
- Klik Hapus Lembar
Copy dan Paste Lembar kerja :
Untuk menyalin dan menempelkan lembar kerja:
- Klik tab lembar kerja yang akan disalin
- Klik kanan dan
pilih Pindahkan atau Salin
- Pilih posisi yang diinginkan dari lembar
- Klik kotak centang di sebelah Buat Menyalin
- Klik OK
Setiap fasilitas pada
suatu aplikasi meskipun sepele namun jika dimanfaatan dengan sebaik-baiknya
dapat menghasilkan output dapat yang maksimal. salah satu fasilitas pada
microsoft excel yang dianggap sepele namun powerfull adalah format Alignment.
Format Alignment berfungsi untuk mengatur perataan data pada worksheet (lembar
kerja) Microsoft Excel.
Untuk memformat
perataan data pada sel dengan cepat, pilih sel atau range dan gunakan tombol
Align Left, Center, atau Align Right.
BAB III
PENUTUP
1.
Kesimpulan
Dalam memodifikasi berkas dengan program pengolah data seperti menyalin,memindahkan,menghapus
dan memformat data kita terlebih dahulu harus mempelajari langkah demi
langkahnya dalam mengoprasikan program pengolah angka dan data ini, selanjutnya
kita ikuti segala petunjuk atau intruksi yang telah diberikan.
Seperti halnya memodifikasi berkas bisa di lakukan dengan banyak
berbagi cara bisa menggunakan langkah dengan menu yang tersedia bisa
menggunakan menu keyboard.
Dan dalam mengoprasikan program pengolah angka ini sebaiknya user
menguasai dalam menghafalkan rumus-rumus untuk mengoprasikan penjumlaha
perkalian permbagian dan sebagainya.
2.
Saran
Untuk lebih baik lagi kedepannya bagi user yang ingin mengoprasikan
program pengolah data mari belajar dari dasar terlebih dahulu, agar memudahkan
untuk proses kedepannya dalam menjalankan program pengolah angka dan data ini,
karena sebagai calon guru sangat penting sekali dapat menguasai program
pengolah angka dan data atau disebut dengan miscrosoft excel.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar